Senin, 05 Juli 2010


Judul Film : The Departed
Directed by : Martin Scorsese
Produced by : Brad Pitt, Brad Grey, Gianni Nunnari, Graham King
Directed of Photography : Michael Ballhaus A.S.C
Edited by : Thelma Schoonmaker A.C.E


Seperti halnya film-film action Hollywood lainnya yang tidak pernah terlepas dari yang namanya polisi dan FBI, film ini pun sama seperti itu, tapi The Departed memberi sesuatu yang berbeda. Polisi harus menyamar menjadi seorang penjahat untuk dijadikan mata-mata, itu sudah menjadi hal yang biasa, polisi baik yang tiba-tiba berubah menjadi penjahat juga hal biasa, tapi penjahat yang menjadi mata-mata dalam tubuh polisi dengan pembentukan karir yang bagus?

Collin Sullivan (Matt Damon) bertemu dengan Costello (Jack Nicholson) saat ia masih berumur 8 tahun, ia termasuk anak yang pintar namun tumbuh dalam keluarga miskin. Costello seorang penjahat kelas kakap yang sulit ditangkap oleh polisi meski kejahatannya sudah merajalela dimana-mana, memanfaatkan kepintaran Collin kecil, dia mendidiknya, menyekolahkan Collin ke kepolisian Boston sampai karirnya pun berkembang pesat. Collin Sullivan pun diangkat menjadi Sersan Kepolisian Masachusells. Dengan adanya Collin Sullivan di tubuh kepolisian Boston ini, Costello dapat melenggang tenang melakukan kejahatan-kejahantannya.
Berbeda dengan Collin Sullivan yang hidup dalam kemewahan karena karirnya, William Costigan (Leonardo DiCaprio) yang bersusah payah masuk Akademi Kepolisian tidak lulus karena riwayat keluarga yang jelek. Ayah dan pamannya yang sudah meninggal memiliki catatan buruk di kepolisian Boston, kedua orang ini disejajarkan dengan Costello. Tapi William tetap ingin menjadi seorang polisi, kesungguhannya membuat Queenan kepala kepolisian menyuruhnya menjadi mata-mata sebagai pintu gerbang ia masuk ke kepolisian. Identitas William dibuat seburuk mungkin agar ia dapat masuk ke lingkungan Costello. Meski pada mulanya Costello tidak mempercayai William, namun pada akhirnya William dapat menjadi kaki tangan Costello.
Film ini tidak menimbulkan unsur penasaran atau membuat penonton bertanya-tanya siapa yang menjadi penjahatnya, karena dari awal sudah dipaparkan. Pengambilan gambar Costello secara backlight membuat dia terlihat misterius, tapi tiba-tiba langsung pada adegan dia membunuh. Hal itu sudah memberitahu penonton kalau dia memegang peran antagonis di film ini, begitu pun dengan Collin Sullivan yang diangkat menjadi anaknya. Sutradara mampu membuat penonton untuk terus mengikuti film ini sampai akhir meski dari awal sudah sangat jelas diperlihatkan peran antagonis dan protagonisnya, karena titik penasaran yang diterapkan sutradara yaitu pada akhir cerita film ini.
Collin dan Costello dapat terus berkomunikasi, begitu pun William dan Queenan. Puncak ketegangan bermula dari kematian Queenan, Collin yang curiga kalau ada mata-mata di dekat Costello, begitu pun William yang mengetahui Costello manyimpan mata-mata di tubuh polisi. Disinilah mulai terjadi perang mengungkap orang yang menjadi mata-mata, uniknya ternyata Costello adalah mata-mata FBI, dimana dia akan menyerahkan orang-orang yang menjadi pembelot pada FBI termasuk Collin. Collin tidak ingin karirnya hancur, ia pun membunuh Costello. Ia semakin dipandang orang paling hebat di kepolisian, tidak ada yang tahu kalau selama ini dia adalah mata-mata. Sampai akhirnya William mengetahui siapa Collin sebenarnya dan Collin pun mengetahui identitas William.
Film ini pun tidak terlepas dari unsur percintaan, kisah cinta dikemas dengan sebuah perselingkuhan Medalyn (Vera Farmiga) dengan William, padahal ia adalah calon istri Collin. Medalyn adalah seorang psikiater kepolisian, dia yang menangani permasalahan William yang dari awal sudah stres melihat kekejaman yang dilakukan Costello pada musuh-musuhnya, dia menyaksikan kejahatan-kejahatan yang dilakukan Costello. Tak ada orang yang bisa ia percaya lagi setelah kematian Queenan.
Para pemain film ini adalah artis-artis yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuan mereka, Leonardo DiCaprio begitu menghayati perannya, dimana ia harus terlihat tegang, sedih, tertekan, romantis dan berani. Begitu pula Matt Damon yang memerankan orang paling munafik serta Jack Nicholson sang mafia sadis.


Tidak ada komentar: